soal-soal wawasan dasar bimbngan dan konseling

1. Jelaskan alasan anda mengapa pelayanan bimbingan dan konseling diperlukan dalam dunia pendidikan! Minimal 5 alasan. Jawab: a.Perkembangan IPTEK • Perkembangan IPTEK yang demikian cepat menimbulkan perubahan-perubahan dalam berbagai sendi kehidupan.  Timbulnya masalah hubungan sosial,tenaga ahli,lapangan pekerjaan,pengangguran ,dan lain sebagainya.  Berpengaruh dalam dunia pendidikan ,khususnya dalam lingkup sekolah dan madrasah. Lembaga pendidikan bertanggung jawab mendidik dan menyiapkan peserta didik agar mampu menyesuaikan diri di dalam masyarakat dan mampu memecahkan berbagai masalah yang dihadapi. b. Makna dan fungsi pendidikan • Pendidikan merupakan upaya untuk membentuk manusia agar menjadi manusia dewasa. • Inti tujuan pendidikan adalah terwujudnya kepribadian yang optimal dari setiap peserta didik.Tujusn ini pulalah yang ingin dicapai oleh layanan bimbingan dan konseling.Untuk mencapai tujuan tersebut ,setiap kegiatan pendidikan hendaknya diarahkan untuk tercapainya pribadi-pribadi yang berkembang optimal sesuai potensi dan karakteristiknya masing-masing . c.Faktor psikologis • Siswa merupakan pribadi-pribadi yang unik dengan segala karakteristiknya.Siswa memiliki dan dinamika dalam interaksi dengan lingkungannya. • Beberapa masalah psikologis yang melatarbelakangi perlunya layanan bimbingan dan konseling di sekolah : 1. Perkembangan individu, 2. Perbedaan individu, 3. Kebutuhan individu, dan lain sebagainya. d. Guru • Dalam proses pembelajaran tugas utama guru selain pengajar sekaligus pembimbing terintegrasi dalam peran guru dalam proses pembelajaran . • Suatu keniscayaan bagi seorang guru maupun calon guru untuk menguasai bimbingan dan konseling. e. Bimbingan dan konseling juga diperlukan dalam sekolah maupun madrasah untuk memecahkan berbagai persoalan maupun fenomena perilaku peserta didik pada zaman sekarang ini,yang mana maraknya kenakalan-kenakalan remaja yang terjadi di masyarakat dan sekolah. 2. Sebutkan minimal 5 pengertian bimbingan dan konseling menurut para ahli, kemudian berikan kesimpulan pengertian tersebut menurut anda ! Jawab: Bimbingan : A. Prayitno dan Erman Amti(1994:99)Bimbingan adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan oleh orang yang ahli kepada seseorang atau beberapa orang individu,baik anak-anak,remaja,maupun dewasaagar orang yang dibimbing dapat mengembangkan kemampuan dirinya sendiridan mandiri. B. Rochman Natawidjaja(1981)Bimbingan adalah proses pemberian bantuan kepada individu yang dilakukan secara berkesinambungan ,supaya individu tersebut dapat memahami dirinya. C. Bimo Walgito(1982:11)Bimbingan adalah bantuan atau pertolongan yang diberikan kepada individu atau sekumpulan individu-individu dalam menghindari atau mengatasi kesulitan didalam kehidupannya,agar individu tersebut dapat mencapai kesejahteraan hidupnya. D. Miller(1961)Bimbingan merupakan proses bantuan terhadap individu untuk mencapai pemahaman diri dan pengarahan diri yang dibutuhkan untuk melakukan penyesuaian dirisecara maksimum. E. Andi Mappiare(1984)Bimbingan merupakan serangkaian kegiatan paling pokok dalam membantu klien secara tatap muka ,dengan tujuan agar klien dapat mengambil tanggung jawab sendiri terhadap berbagai persoalan atau masalah khusus. Simpulan:Bimbingan adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan oleh seorang yang ahli atau seorang konselor kepada seorang individu atau klien dengan tujuan agar individu tersebut dapat mencapai kemandirian dan pemah aman diri yang dilakukan secara tatap muka. Konseling a) Mortensen(1964)konseling merupakan proses hubungan antar pribadi di mana orang yang satu membantu yang lainnya untuk meningkatkan pemahaman dan kecakapan menemukan masalahnya. b) Jones(1951)konseling adalah kegiatan dimana semua fakta dikumpulkan dan semua pengalaman siswa difokuskan pada masalah tertentu untuk diatasi sendiri oleh yang bersangkutan. c) Prayitno dan Erman Amtri(2004:105)konseling adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan melalui wawancara konseling oleh seorang ahli(konselor)kepada individu yang sedang mengalami sesuatu masalah (klien)yang bermuara pada teratasinya masalah yang dihadapi klien. d) A.C English (Sheltzer dan Stone:1974)konseling merupakan proses dalam mana konselor membantu konseli(klien)membuat interpretasi tentang fakta-fakta yang berhubungan dengan pilihan,rencana,atau penyesuaian-penyesuaian yang perlu dibuatnya. e) Pepinski dan Pepinski(Schertzer dan Stone :1974)Konseling merupakan interaksi yang terjadi antara dua orang individu (konselor dan klien) dan terjadi dalam suasana yang profesional,dilakukan dan dijaga sebagai alat untuk memudahkan perubahan-perubahan dalam tingkah laku klien. Kelimpulan: Konseling merupakan interaksi yang dilakukan oleh dua orang (konselor dan klien)yang dilakukan secara profesional ,yang bertujuan untuk membantu memudahkan klien untuk memecahkan masalahnya sendiri . 3. Sebutkan fungsi-fungsi bimbingan dan konseling, kemudian berikan contoh fungsi tersebut dalam penggunaannya di sekolah ! Jawab: 1. Fungsu pemahaman. Adalah untuk membantu konseli agar memiliki pemahaman terhadap dirinya dan lingkungannya. 2. Fungsi preventif. Adalah untuk senantiasa mengantisipasi berbagai masalah yang mungkin terjadi dan berupaya untuk mencegahnya, supaya tidak dialami konseli. 3. Fungsi pengembangan. Adalah untuk senantiasa berupaya menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, yang memfasilitasi perkembangan konseli. 4. Fungsi penyembuhan. Adalah upaya untuk memberikan bantuan kepada konseli yang telah mengalami masalah, baik menyangkut aspek pribadi, sosial, belajar, maupun karier. 5. Fungsi penyaluran. Adalah untuk membantu konsel dalam memilih kegiatan ekstrakulikuler, jurusan, dan menetapkan penguasaan karier atau jabatan yang sesuai dengan minat, bakat, keahlian, dan ciri-ciri keperibadianlainnya. 6. Fungsi adaptasi. Adalah untuk membantu para pelaksana pendidikan, kepala sekolah dan staf, konselor, dan guru untuk menyesuaikan program pendidikan terhadap latar belakang pendidikan, minat, kemampuan, dan kebutuhan konseli. 7. Fungsi penyesuaian. Adalah untuk membantu konseli agar dapat menyesuaikan diri dengan diri dan lingkungannya secara dinamis dan konstruktif. 8. Fungsi perbaikan. Adalah untuk membantu konseli sehigga dapat memperbaiki kekeliruan dalam berfikir, berperasaan dan bertindak. 9. Fungsi fasilitas. Adalah untuk memberikan kemudahan kepada konseli dalam mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal, serasi, selaras, dan seimbang seluruh aspek dalam diri konseli. 10. Fungsi pemeliharaan. Adalah untuk membantu konseli supaya dapat menjaga diri dan dapat mempertahankan situasi kondusif yang telah tercapai dalam dirinya. 4. Jelaskan pelayanan bimbingan dan konseling yang dilihat dari segi masalah ! Jawab: 5. Sebutkan asas-asas bimbingan dan konseling dan berikan 5 contoh masalah siswa yang diselesaikan dengan 5 asas bimbingan dan konseling ! Jawab:

Comments

Popular posts from this blog

soal - soal wawasan dasar Bimbingan Konsling , ozzy

Contoh laporan PLBK karang taruna_ozzy bk

contoh laporan magang bimbingan dan konseliing