contoh laporan magang bimbingan dan konseliing

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Guru merupakan jabatan profesional yang memberikan layanan ahli dan menuntut persyaratan kemampuan yang secara akademik dan pedagogik dapat diterima oleh pihak penerima jasa layanan secara langsung maupun tidak langsung. Oleh sebab itu, guru harus dipersiapkan melalui program pendidikan yang relatif panjang dan dirancang berdasarkan standar kompetensi guru. Pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk ketrampilan dan kecakapan seseorang untuk memasuki dunia kerja. Pendidikan yang dilakukan di perguruan tinggi masih terbatas pada pemberian teori dan praktek dalam skala kecil dengan intensitas yang terbatas. Agar dapat memahami dan memecahkan setiap permasalahan yang muncul di dunia kerja khususnya bagi para calon guru yaitu dunia pendidikan yang sebenarnya, maka mahasiswa perlu melakukan kegiatan pelatihan kerja secara langsung di instansi/lembaga pendidikan yang relevan dengan program pendidikan yang diikuti. Sehingga setelah lepas dari ikatan akademik di perguruan tinggi yang bersangkutan, mahasiswa bisa memanfaatkan ilmu dan pengalaman yang telah diperoleh selama masa pendidikan dan masa pelatihan kerja untuk melanjutkan kiprahnya di dunia pendidikan yang sebenarnya. Sebab, untuk dapat terjun langsung di masyarakat tidak hanya dibutuhkan pendidikan formal yang tinggi dengan perolehan nilai yang memuaskan, namun diperlukan juga ketrampilan (skill) dan pengalaman pendukung untuk lebih mengenali bidang pekerjaan sesuai dengan keahlian yang dimiliki. FKIP UNIB telah merancang dan menetapkan program magang sebagai bagian integral kurikulum yang dilaksanakan secara berjenjang, yaitu Magang I dan Magang II. Setiap program magang dilaksanakan dengan waktu dan tujuan yang berbeda. Masing-masing program magang memiliki bobot SKS sebagai berikut magang I berbobot 2 SKS dan magang II berbobot 4 SKS. Kegiatan magang ini dilaksanakan pada komunitas sekolah, sedangkan pembimbingannya dilakukan oleh Dosen Pembimbing Magang dan Guru Pamong di sekolah yang memenuhi persyaratan sebagaimana yang ditentukan. Bentuk kegiatan yang dilakukan pada kegiatan magang I ini adalah melakukan Pengadministrasian Alat Ungkap Masalah UMUM, Alat Ungkap Masalah PTSDL, Sosiometri, Angket Peminatan dan mengikuti semua aktifitas di lokasi magang. Kegiatan ini sesuai dengan kurikulum 2013 yang berlaku di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu, bahwa pada setiap akhir semester genap akan diadakan kegiatan magang yang masuk kedalam matakuliah magang I dan II. Magang digunakan untuk bahan penulisan laporan sebagai salah satu syarat untuk mencapai kelulusan di matakuliah magang.Salah satu program yang dapat ditempuh adalah dengan melaksanakan magang. Oleh karena itu, program magang ini merupakan bagian tak terpisahkan bagi mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan(FKIP) UNIB dalam memperoleh kompetensi akademik. Teknis program magang tertuang dalam suatu buku pedoman. Buku pedoman magang ini diharapkan dapat menjadi acuan atau rambu-rambu dalam menjalankan program magang bagi mahasiswa FKIP UNIB peserta matakuliah magang. Selain itu, buku pedoman juga menjadi acuan bagi pihak sekolah (pihak terkait) tempat dilaksanakannya program magang. Adapun lokasi magang kami, yang berada di SMA Negeri 5 Kota Bengkulu. SMA Negeri 5 merupakan salah satu sekolah menengah atas di Kota Bengkulu, yang terletak di jalan Cendana No. 20 Kecamatan Ratu Samban, Sawah Lebar Bengkulu. B. Tujuan Secara umum, program magang bertujuan untuk membentuk pengetahuan, keterampilan, dan sikap profesional mahasiswa sebagai calon pendidik. Tujuan khusus mata kuliah ini adalah mempersiapkan calon guru agar lebih mengenal lingkungan sekolah dan lingkungan profesinya sehingga nanti mampu melakukan kegiatan praktik mengajar dalam mata kuliah Magang I. C. Ruang Lingkup Magang I Ruang lingkup magang I Bimbingan dan Konseling Meliputi : 1. Ruang Lingkup Dari Segi Sasaran Magang I ini dilakukan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 5 Kota Bengkulu. SMA Negeri 5 merupakan salah satu sekolah Negeri brakreditasi A di Kota Bengkulu, yang terletak di jalan Cendana No. 20 Kecamatan Ratu Samban, Sawah Lebar Bengkulu. 2. Waktu Pelaksanaan Kegiatan pelaksanaan Magang I Program Studi Bimbingan dan Konseling dilaksanakan pada tanggan 10 Agustus 2017 sampai dengan 26 Agustus 2017. 3. Ruang Lingkup Dari Segi Kegiatan 1) Melaksanakan Himpunan Data menggunakan instrumen AUM Umum dan AUM PTSDL, 2) Melaksanakan Himpunan Data menggunakan Sosiometri, 3) Melaksanakan Himpunan Data menggunakan Angket Peminatan, 4) Melaksanakan pengolahan data hasil himpunan data. D.Manfaat 1. Bagi Mahasiswa a. Memperoleh gambaran langsung mengenai lingkungan sekolah dan lingkungan profesi guru sehingga lebih mengenal dunia pendidikan tidak sebatas teori saja. b. Dapat mengenal lingkungan sekolah dan lingkungan profesinya sedini mungkin. c. Secara langsung maupun tidak langsung mahasiswa mampu mempraktikkan teori-teori yang di dapat selama masa perkuliahan untuk dapat terjun langsung ke dalam lingkungan sekolah dan lingkungan profesinya. d. Memperoleh pengalaman langsung dari dunia pendidikan yang sebenarnya. e. Dapat memperluas jangkauan layanan, menambah pemahaman dan keterampilan yang dibutuhkan untuk pengembangan profesionalisme sebagai calon konselor ataupun sebagai calon guru bimbingan dan konseling. 2. Bagi Pihak Universitas a. Meningkatkan hubungan kerjasama dengan mitra sekolah yang dituju. b. Dapat menjadi jembatan sebagai pilihan pendidikan selanjutnya bagi siswa setelah lulus SMA.

Comments

Popular posts from this blog

soal - soal wawasan dasar Bimbingan Konsling , ozzy

Contoh laporan PLBK karang taruna_ozzy bk