soal - soal wawasan dasar Bimbingan Konsling , ozzy
NAMA : OZZY RAHMA FITRI
NPM : A1L015005
MAT PEL : WAWASAN DASAR BK
PRODI : BIMBINGAN DAN KONSLING
1)
mengapa bimbingan itu identik dengan
pendidikan ?
jawaban : karena apabila
seseorang melakukan kegiatan mendidik berarti ia juga sedang melakukan
membimbing, sebaliknya apabila seseorang melakukan aktivitas membimbing berarti
ia juga sedang mendidik.
2)
pentingnya bk dalam dunia pendidikan di
dasarkan atas tiga alasan, sebutkan?
jawaban : 1.usaha untuk mengembangkan keperibadian individu.
2.pendidikan berkembang secara dinamis, karena selalu
terjadi perubahan-perubahan.
3.seorang guru harus mempunyai peranan yang luas, tidak
hanya sebagai pengajar tetapi juga sebagai pendidik.
3) mengapa
bimbingan dan konseling di sekolah dan di madrasah sangat diperlukan ?
jawaban: bimbingan merupakan
bagian integral dari proses pendidikan dan memikontribusi terhadap keberhasilan
pendidikan di sekolah(juntika,2005).berdasarkan pernyataan tersebut dapat
dipahami bahwa proses pendidikn disekolah termasuk madrasah tidak akna berhasil
secara baik apabila tidak didukung oleh penyelenggaraan bimbingan secara baik
pula.
sekolah dan madrasah memiliki tanggung jawab yang besar
membantu siswa agar berhasil dalam belajar.untuk itu sekolah dan madrasah
hendaknya memberikan bantuan kepada siswa untuk mengatasi masalah-masalah yang
timbul dalam kegiatan belajar siswa. dalam kondisi seperti ini,pelayanan
bimbingn dan konseling sekolah dan madrasah sangat penting untuk dilaksanakan guna membantu
siswa mengatasi berbagai masalah yang dihadapinya.
4) apa yang dimakasud dengan bimbingan dan konseling ?
jawaba: 1.
makna bimbingan
bimbingan yaitu bantuan yang di berikan oleh pembimbing
kepada individu agar individu yang di bimbing mencapai kemandirian dengan
mempergunakan berbagai bahan melalui interaksi, dan pemberian nasihat serta
gagasan dalam suasana asuhan dan berdasarkan norma-norma yang berlaku.
2. makna konseling
konseling
yaitu kontak atau hubungan timbal balik antara dua orang untuk menangani
masalah klien, yang didukung oleh keahlian dan dalam suasana yang laras dan
integrasi, berdasarkan norma-norma yang berlaku untuk tujuan yang berguna bagi
klien.
bimbingan
dan konseling merupakan suatu proses
bantuan atau pertolongan yang di berikan oleh pembimbing kepada individu
melalui pertemuan tatap muka atau hubungan timbal balik antara keduanya, agar
konseling memiliki kemampuan atau kecakapan melihat dan menemukan masalahnya
serta mampu memecahkan masalahnyandiri.
5)
apa tujuan bimbingan dan konseling ?
jawaban : tujuan
bimbingan konseling adalah
agar tercapai perkembangan yang optimal pada individu yang di bimbing atau
dapat mengembangkan diri secara optimal sesuai dengan potensi atau kapasitasnya
dan agar individu dapat berkembang sesuai dengan lingkungannya.
tujuan bimbingan dan konseling adalah dalam rangka :
1.membantu mengembangkan kualitas keperibadian individu yang di bimbing atau yang
di konseling.
2.membantu mengembangkan kualitas kesehatan mental
klien.
3.membantu mengembangkan perilaku-perilaku yang lebih
efektif pada diri individu dan
lingkungannya.
4.membantu klien menanggulangi problema hidup dan
kehidupannya secara mandiri.
6)
apa fungsi bimbingan dan konseling?
fungsi pemahaman, yaitu fungsi bimbingan dan
konseling membantu konseli agar memiliki pemahaman terhadap dirinya
(potensinya) dan lingkungannya (pendidikan, pekerjaan, dan norma agama).
fungsi preventif, yaitu fungsi yang berkaitan dengan
upaya konselor untuk senantiasa mengantisipasi berbagai masalah yang mungkin
terjadi dan berupaya untuk mencegahnya, supaya tidak dialami oleh konseli.
fungsi pengembangan, yaitu
fungsi bimbingan dan konseling yang sifatnya lebih proaktif dari fungsi-fungsi
lainnya
fungsi penyembuhan, yaitu fungsi
bimbingan dan konseling yang bersifat kuratif.
fungsi penyaluran, yaitu
fungsi bimbingan dan konseling dalam membantu konseli memilih kegiatan
ekstrakurikuler.
fungsi adaptasi, yaitu fungsi membantu para
pelaksana pendidikan, kepala sekolah/madrasah dan staf, konselor, dan guru
untuk menyesuaikan program pendidikan terhadap latar belakang pendidikan,
minat, kemampuan, dan kebutuhan konseli.
fungsi penyesuaian, yaitu
fungsi bimbingan dan konseling dalam membantu konseli agar dapat menyesuaikan
diri dengan diri dan lingkungannya secara dinamis dan konstruktif.
fungsi perbaikan, yaitu
fungsi bimbingan dan konseling untuk membantu konseli sehingga dapat
memperbaiki kekeliruan dalam berfikir, berperasaan dan bertindak (berkehendak).
fungsi fasilitasi, memberikan
kemudahan kepada konseli dalam mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang
optimal, serasi, selaras dan seimbang seluruh aspek dalam diri konseli.
fungsi pemeliharaan, yaitu fungsi
bimbingan dan konseling untuk membantu konseli supaya dapat menjaga diri dan
mempertahankan situasi kondusif yang telah tercipta dalam dirinya.
7)
layanan untuk mencegah timbulnya masalah
dalam bimbingan dan konsling adalah :
1. jawaban
: layanan orientasi: agar mereka mengenal lingkungan sekolahnya
yang baru secara lebih baik sehinga mereka terhindar dari berbagai masalah
selama mengikuti kegiatan belajar mengajar.
2. layanan pengumpulan data : dengan diperoleh data yang lebih lengkap dan
akurat tentang siswa, sehingga bisa di peroleh pemahaman yang lebih mendalam
tentang siswa.
3. layanan kegiatan kelompok: agar
siswa memperoleh pemahaman diri secara lebih baik
4.
layanan bimbingan
karier:
agar siswa bisa memangku karier tertentu kelak setelah tamat sekolah.
8)
dalam bimbingan dan konseling pemakaian
kata “kasus” ?
jawab : karena kata “kasus” dipakai dalam bimbingan dan
konseling sekedar untuk menunjukan bahwa “ada sesuatu permasalahan tertentu
pada diri seseorang yang perlu mendapatkan perhatian dan pemecahan demi
kebaikan untuk diri yang bersangkutan”.
9)
apa yang dimaksud penanganan kasus dalam
bimbingan dan konsling ?
jawaban : penanganan kasus pada
umumnya dapat dilihat sebagai keseluruhan perhatian dan tindakan seseorang
terhadap kasus (yang dialami oleh seseorang) yang dihadapkan kepadanya sejak
awal sampai dengan diakhirimya perhatian dan tindakan tersebut.
10) apa
saja yang meliputi penganganan kasus ?
jawaban :
·
pengendalian
awal tentang kasus
·
pengembangan
ide-ide tentang rincian masalah yang terkandung didalam kasus
- penjelajahan lebih lanjut tentang segala seluk beluk kasus tersebut ,dan akhirnya
- mengusahakan upaya-upaya kasus untuk mengatasi atau memecahkan sumber pokok permasalahan itu
11) apa saja prinsip-prinsip bimbingan ?
- prinsip-prinsip umum
- prinsip-prinsip khusus yang berhubungan dengan individu(siswa)
- prinsip khusus yang berhubungan dengan pembimbing
- prinsip yang berhubungan dengan organisasi dan administrasi(manajemen) pelayanan bimbingan dan konseling
12) sebutkan tahapan-tahapan dalam bimbingan
konsling ?
ü pertama,pengungkapan,pengenalan,dan penerimaan.
ü kedua,pengenalan lingkungan
ü ketiga,pengenalan keputusan
ü keempat,pengenalan diri
ü kelima, eksistensi diri(perwujudan diri)
13) yang
dimaksud dengan fungsi pemeliharaan ?
jawab : fungsi pemeliharaan yaitu memelihara
segala sesuatu yang baik,yang ada pada diri siswa, baik hal itu merupakan
pembawaan maupun hasil-hasil pengembangan yang telah di capai selama ini.
14) yang
dimaksud dengan fungsi penyaluran ?
jawaban : fungsi penyaluran yaitu berupaya
mengenali masing masing siswa secara perorangan, selanjutnya memberikan bantuan
menyalurkan ke arah kegiatan atau program yang dapat menunjang tercapainya
perkembangan yang optimal.
15) secara umum tujuan bimbingan dan konseling
yaitu ?
agar manusia mampu memahami poyensi-potensi insaniah-nya,
dimensi-dimensi kemanusiaannya, termasuk memahami berbagai persoalan hidup yang
mencari alternatif pemacahannya.
16) asas-asas
bimbingan dan konseling berhubungan dengan siswa ?
a.
tiap-tiap siswa mempunyai kebutuhan
b.
ada perbedaan antara siswa
c.
tiap individu ingin menjadi dirinya sendiri
d.
tiap individu mempunyai dorongan untuk matang
e.
tiap siswa mempunyai masalah dan mempunyai
dorongan untuk menyelesaikannya
17) apa saja
landasan bimbingan dan konseling ?
landasan filosofis
landasan religius
landasan psikologis
|
landasan sosial budaya
landasan ilmiah dan teknologi
landasan pedagogis
|
18) unsur unsur pokok bimbingan sebagai
berikut ?
pelayanan bimbingan merupakan suatu proses.
bimbingan merupakan proses pemberian bantuan.
bantuan itu diberikan kepada individu, baik perseorangan
maupun kelompok.
pemecahan masalah dalam bimbingan dilakukan oleh dan atas
kekuatan klien sendiri.
19) mengapa
pemahaman terhadap kasus dilakukan ?
pemahaman yang lebih
mendalam terhadap kasus dilakukan untuk mengetahui lebih jauh berbagai
seluk-beluk kasus tersebut, tidak hanya sekedar mengerti permasalahannya atas
dasar deskripsi yang telah dikemukakan pada awal pengenalan kasus semata.
20) hal-hal pokok yang terkandung dalam
masing-masing rumusan 3 ( mcdaniel 1965
) adalah ?
- konseling merupakan rangkaian pertemuan antara konselor dengan klien
- dalam pertemuan itu konselor membantu klien mengatasi kesulitan-kesulitan yang dihadapinya.
- tujuan dan pemberian bantuan.
21) bagaimana
mendekatkan hubungan sekolah dengan masyarakat dalam bimbingan dan konsling ?
personal
guidance, yaitu bimbingan yang bertujuan agar peserta didik dapat menyesuaikan
dengan perkembangan pribadi.
educational
guidance, yaitu bimbingan terhadap peserta didik agar mencapai penyesuaian dan
kemajuan pendidikan.
vocational
guidance, yaitu bimbingan terhadap peserta didik agar ia mampu memahami perkembangan pekerjaan.
follow-up,
sesudah keluar dari sekolah.
itulah
sebabnya, maka dalam rangka pelaksanaan bimbingan, diperlukan suatu hubungan
saling mengerti dan saling membantu antar sekolah dengan orang tua peserta
didik, lembaga-lembaga, organisasi masyarakat dan sebagainya.
22) jelaskan
2 definisi atau pengertian bimbingan menurut para ahli ?
a. menurut
prayitno & erman amti (1994:99) bimbingan adalah proses pemberian bantuan
yang dilakukan oleh orang yang ahli kepada seseorang atau beberapa orang
individu, baik anak-anak, remaja, maupun dewasa agar orang-orang yang dibimbing
dapat mengembangkan kemampuan dirinya sendiri dan mandiri, dengan memanfaatkan
kekuatan individu dan sarana yang ada dan dapat dikembangkan berdasarkan
norma-norma yang berlaku.
b. menurut
rochman natawidjaja (1981) bimbingan adalah proses pemberian bantuan kepada
individu yang dilakukan secara berkesinambungan, supaya individu tersebut dapat
memahami dirinya, sehingga ia sanggup mengarahkan diri dan dapat bertindak
wajar, sesuai dengan tuntutan dan keadaan keluarga serta masyarakat. dengan
demikian dia dapat mengecap kebahagiaan hidupnya serta dapat memberikan
sumbangan yang berarti (winkel & sri hastuti 2007:29).
sedangkan
definisi konseling menurut para ahli sebagai berikut :
1) menurut
berdnard & fullmer ,1969, konseling meliputi pemahaman dan hubungan
individu untuk mengungkapkan kebutuhan-kebutuhan,motivasi,dan potensi-potensi
yang yang unik dari individu dan membantu individu yang bersangkutan untuk
mengapresiasikan ketige hal tersebut.
2) menurut pepinsky
7 pepinsky ,dalan shertzer & stone,1974, konseling merupakan interaksi
yang(a)terjadi antara dua orang individu ,masing-masing disebut konselor dan
klien ;(b)terjadi dalam suasana yang profesional (c)dilakukan dan dijaga
sebagai alat untuk memudah kan perubahan-perubahan dalam tingkah laku klien
23) jelaskan fungsi pemahaman dan fungsi penyembuhan?
fungsi pemahaman, yaitu
fungsi bimbingan dan konseling membantu konseli agar memiliki pemahaman
terhadap dirinya (potensinya) dan lingkungannya (pendidikan, pekerjaan, dan
norma agama). berdasarkan pemahaman ini, konseli diharapkan mampu mengembangkan
potensi dirinya secara optimal, dan menyesuaikan dirinya dengan lingkungan
secara dinamis dan konstruktif.
fungsi penyembuhan, yaitu fungsi
bimbingan dan konseling yang bersifat kuratif. fungsi ini berkaitan erat dengan
upaya pemberian bantuan kepada konseli yang telah mengalami masalah, baik
menyangkut aspek pribadi, sosial, belajar, maupun karir. teknik yang dapat
digunakan adalah konseling, dan remedial teaching.
24) sebutkan
asas-asas bimbingan dan konseling ?
|
|
25) mengapa
ada kesalah pahaman dalam bimbingan dan konseling?
bimbingan dan konseling disamakan saja dengan
atau dipisahkan sama sekali dari pendidikan.
konselor di sekolah dianggap sebagai polisi
sekolah
bimbingan dan konseling dianggap semata-mata
sebagai proses pemberian nasehat.
bimbingan dan konseling dibatasi pada hanya
menangani masalah yang bersifat insidental.
bimbingan dan konseling dibatasi hanya untuk
klien-klien tertentu saja.
26)
beberapa
diantara kebutuhan-kebutuhan yang harus kita perhatikan ialah kebutuhan:
ü memperoleh
kasih sayang
ü memperoleh
harga diri
ü untuk
memperoleh pengharapan yang sama
ü ingin
dikenal
ü memperoleh
prestasi dan posisi
ü untuk
dibutuhkan orang lain
27) landasan
filosofis bimbingan dan konseling yaitu :
kata filosofi atau fisafat berasal dari
bahasa yunani : philos berarti cinta, dan shopos berarti bijaksana. jadi
filosofis berarti kecintaan terhadap kebijaksanaan. kamus webster new universal
memberikan pengertian bahwa filsafat merupakan ilmu yang mempelajari kekuatan
yang didasari proses berfikir dan bertingkah laku,
28) lima katagori tugas kehidupan yaitu :
§ spiritual
dalam
katagori ini terdapat agama sebagai sumber inti bagi hidup sehat dan agama
sebagai sumber moral.
§ pengaturan diri
seseorang
yang mengamalkan hidup sehat pada dirinya terdapat sejumlah ciri. termasuk rasa
diri berguna, pengendalian diri, pandangan realistik, spontanitas dan kepekaan
emosional.
§ bekerja
dengan
bekerja seseorang akan memperoleh keuntungan ekonomis termasuk sumber keuangan
termasuk sumber keuangan untuk membelanjai hidup sehari-hari, untuk mengejar
sukses yang lebih tinggi.
§ persahabatan
persahabat
merupakan hubungan sosial baik antar individu mauoun dalam masyarakat yang
lebih luas, yang tidak melibatkan unsur-unsur perkawinan dan keterikatan
ekonomis.
§ cinta
dengan
cinta hubungan seseorang dengan orang lain cenderung menjadi amat intim, saling
mempercayai, saling terbuka, saling bekerjasama dan saling memberikan komirmen
yang kuat.
29) mengapa bisa terjadi masalah
penyesuaian diri pada anak ?
karena proses penyesuaian diri ini banyak sekali menimbulkan berbagai
masalah terutama bagi diri individu sendiri. jika individu dapat berhasil
memenuhi kebutuhannya sesuai dengan lingkungannya dan tanpa menimbulkan
gangguan atau kerugian bagi lingkungannya, hal itu disebut “adjusted” atau
penyesuaian yang baik. dan sebaliknya jika individu gagal dalam proses
penyesuaian diri tersebut, disebut “maladjusted” atau salah sesuai.
30) bagaimana
menciptakan kondisi yang baik agar perbuatan belajar berhasil ?
memilih metode dan alat-alat yang tepat sesuai dengan jenis dan situasi
belajar, membuat rencana belajar bagi siswa, menyesuaikan proses belajar dengan
keunikan siswa, penilaian hasil belajar, diagnosis kesulitan belajar, dan
sebagainya.
31) perlunya bk berdasarkan pendidikan ?
ada tiga hal
pokok yang menjadi latar belakang perlunya bimbingan dilihat dan segi
pendidikan.
- pertama adalah dilihat dan hakikat pendidikan sebagai suatu usaha sadar dalam mengembangkan kepribadian. hal ini mengandung implikasi bahwa proses pendidikan menuntut adanya pendekatan yang lebih luas dari pada sekedar pengajaran
- kedua pendidikan senantiasa berkembang secara dinamis dan karenanya selalu terjadi perubahan perubahan dan penyesuaian dalam komponen-komponennya
- ketiga pada hakikatnya guru mempunyai peranan yang tidak hanya sebagai pengajar, tetapi lebih luas dari itu, yaitu sebagai pendidik
32) dilihat dan segi dirinya
sendiri (self oriented), seorang guru harus berperan sebagai ?
1) petugas sosial yaitu seorang yang harus membantu untuk kepentingan masyarakat.
dalam kegiatan-kegiatan masyarakat guru senantiasa merupakan petugas-petugas yang dapat dipercaya untuk berpartisipasi di dalamnya.
2) pelajar dan ilmuwan yaitu sebagai yang senantiasa terus menerus menuntut ilmu pengetahuan.
dengan berbagai cara setiap saat guru senantiasa belajar untuk mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan. disamping itu guru menjadi spesialisasi, misalnya seorang guru matematik akan menjadi wakil dan dunia matematika.
3) orang tua: yaitu mewakili orang tua murid di sekolah dalam pendidikan anaknya.
sekolah merupakan lembaga pendidikan sesudah keluarga, sehingga dalam arti luas sekolah dapat merupakan keluarga di mana guru berperan sebagai orang tua dari siswa-siswanya.
1) petugas sosial yaitu seorang yang harus membantu untuk kepentingan masyarakat.
dalam kegiatan-kegiatan masyarakat guru senantiasa merupakan petugas-petugas yang dapat dipercaya untuk berpartisipasi di dalamnya.
2) pelajar dan ilmuwan yaitu sebagai yang senantiasa terus menerus menuntut ilmu pengetahuan.
dengan berbagai cara setiap saat guru senantiasa belajar untuk mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan. disamping itu guru menjadi spesialisasi, misalnya seorang guru matematik akan menjadi wakil dan dunia matematika.
3) orang tua: yaitu mewakili orang tua murid di sekolah dalam pendidikan anaknya.
sekolah merupakan lembaga pendidikan sesudah keluarga, sehingga dalam arti luas sekolah dapat merupakan keluarga di mana guru berperan sebagai orang tua dari siswa-siswanya.
33) berdasarkan faktor iptek
mengapa bimbingan dan konsling sangat diperlukan ?
§ di era ini
ilmu pengetahuan, informasi dan teknologi berkembang sangat pesat. oleh karena
itu, diperlukannya bimbingan dan konseling, agar individu dapat mengetahui
dampak positif dan negatifnya dari perkembangan tersebut. lewat bimbingan dan
konseling, individu diarahkan kepada dampak positif dari iptek yang lebih
ditujukan pada penerapan teknologi yang harus dimilliki dan dikuasai karena
semakin kompleksnya jenis-jenis dan syarat pekerjaan serta persaingan antar individu.
34) landasan
religius bagi layanan bimbingan dan konseling perlu ditekankan tiga hal pokok
yaitu?
§ mausia
sebagai makhluk tuhan.
§ sikap
keberagaman
§ peranan agama
35) untuk keperluan bimbingan dan
konseling sejumlah daerah kajian
dalam bidang psikologi perlu dikuasai,
yaitu tentang ?
1). motif dan motifasi
motif adalah dorongan yang menggerakkan
seseorang bertingkah laku.
2)
pembawaan dan lingkungan
setia individu lahir didunia dengan
membawa kndisi mental fisik tertentu.
3). perkembangan individu
sejak masa konsepsi dalam rahim ibu
bakal individu yang telah ditakdirkan ada
4).
belajar, balikan, dan penguatan
belajar merupakan salah satu konsep
yang amat mendasar dari psikologi.
5).
keperibadian
mengenai pengertian keperibadian ini,
para ahli psikologi umumnya memusatkan perhatian pada faktor-faktor fisik dan
genetika,
36) untuk keperluan bimbingan dan konseling landasan sosial budaya yaitu :
·
individu sebagai produk lingkungan sosial
budaya.
·
bimbingan dan konseling antarbudaya
37) beberapa hipotesis bimbingan dan
konseling yaitu ?
ü makin
besar kesamaan harapan tentang tujuan konseling antar budaya yang pada diri
klien dan konselornya, maka dimungkinkan konseling itu akan berhasil.
ü makin
besar kesamaan pemahaman tentang ketergantungan komuikasi terbuka, dan berbagai
aspek hubungan konseling lainnya pada diri klien dan konselornya.
ü makin besar kemungkinan penyederhanaan harapan
yang ingin dicapai oleh klien menjadi tujuan-tujuan oprasional yang bersifat
tingkah laku, makin efektiflah konseling
dengan klien tersebut.
38) landasan
ilmiah dan teknologis dalam bimbingan
dan konseling ?
·
keilmuan bimbingan dan konseling
·
peran ilmu lain dan teknologi dalam bimingan
dan konseling
·
pengembangan bimbingan dan knseling malalui
penelitian
39) landasan
padagogis dalam bimbingan
dan konseling ?
o
pendidikan sebagai upaya pengembangan
individu
o
pendidikan sebagai inti proses bimbingan
konseling
o
pendidikan lebih lanjut sebagai inti tujuan
bimbingan dan konseling
40) fungsi pemeliharaan dan pengembangan ?
fungsi pemeliharaan berarti memelihara segala sesuatu
yang baik yang ada pada diri individu, baik hal itu merupakan pembawaan maupun
hasil-hasil perkembangan yang telah dicapai selama ini.
41) sebutkan fungsi pemahaman dan fungsi
pengentasan ?
§ pemahaman
tentang klien
§ pemahaman
tentang masalah klien
§ pemahaman
tentang lingkungan yang “lebih luas”
o
langkah-langkah pengentasan masalah
o
pengentasan masalah berdasarkan diogonis
o
pengentasan masalah berdasarkan teori konseling
42) perinsip-perinsip
bimbingan dan konseling ?
1.prinsip yang berkenaan dengan sasaran pelayanan
sasaran
pelayanan bimbingan dan konseling adalah individu-individu baik secara
perorangan maupun kelompok.
2. prinsip-prinsip berkenaan dengan masalah individu
berbagai
faktor yang mempengaruhi perkembangan dan perkembangan individu tidaklah selalu
positif.
3. prinsip yang berkenaan dengan program pelayanan
kegiatan
pelayanan bimbingan dan konseling baik diselengarakan secara “insidental” mapun
terperogram.
4. prinsip berkenaan dengan pelaksanaan layanan
pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling baik yang bersifat
“insidental’ maupun terprogram diulai dengan pemahaman tentang tujuan layanan.
5. perinsip bimbingan dan konseling disekolah
dalam
lapangan oprasional bimbinan dan konseling, sekolah merupakan lembaga yang wajar dan sosoknya
sangat jelas.
43) apa
yang dimaksud dengan fungsi fasilitasi dan fungsi penyesuaian?
fungsi penyesuaian, yaitu
fungsi bimbingan dan konseling dalam membantu konseli agar dapat menyesuaikan
diri dengan diri dan lingkungannya secara dinamis dan konstruktif.
fungsi fasilitasi, memberikan
kemudahan kepada konseli dalam mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang
optimal, serasi, selaras dan seimbang seluruh aspek dalam diri konseli.
44)
prinsip-prinsip
khusus bimbingan
dan konseling ?
1.
program bimbingan harus berpusat kepada siswa.
2.
keputusan terakhir dalam proses bimbingan ditentukan oleh individu yang dibimbing.
3.
pembimbing harus selalu menghormati dan menjaga kerahasiaannya informasi
tentang individu yang dibimbingnya.
4.
pembimbing hendaknya menggunakan berbagai jenis metode dan teknik yang tepat
dalam melakukan tugasnya.
5.
bimbingan harus dilaksanakan secara kontinu.
45)
apa yang dimaksud dengan asas kerahasiaan dan azaz keterbukaan
bimbingan dan konseling ?
1. kerahasiaan
segala
sesuatu yang dibicarakan siswa kepada guru pembimbing tidak boleh disampaikan
kepada orang lain. asas ini akan mendasari kepercayaan peserta didik kepada
guru pembimbing.
2. keterbukaan
bimbingan
dan konseling dapat berhasil dengan baik jika siswa yang bermasalah mau
menyampaikan masalah yang dihadapi kepada guru pembimbing dan guru pembimbing
bersedia membantunya.
46) sebutkan
apa saja orientasi bimbingan dan
konseling ?
orientasi perseorangan
orintasi perkembangan
orientasi permasalahan
47) apa
yang dimaksud dengan orintasi
perkembangan dan orientasi permasalahan?
orientasi perkembangan dalam bk lebih menekankan
lagi pentingnya peranan perembangan yang terjadi dan yang hendaknya
diterjadikan pada diri individu, bk memusatkan perhatianya pada keseluruhan
proses perkembangan itu.
ada yang mengatakan bahwa hidup dan
perkembangan itu mengandung resiko, perjalanan kehidupan dan proses
perkembangan sering kali ternyata tidak mulus, banyak mengalami hambatan dan
rintangan.
beberapa diantara kebutuhan-kebutuhan yang harus kita
perhatikan ialah kebutuhan.
48) pelayanan bimbingan dan konseling
disekolah ?
sekolah merupakan lembaga formal yang secara khusus
dibentuk untuk menyelengaakan pendidikan bagi warga masyarakat. bk mempunyai
dudukan dan peranan yang khusus antara lain:
- keterikatan antara bidang pelayanan bk dan bidang-bidang lainnya.
- tanggung jawab konselor sekolah
49) apa saja tanggung jawab seorang konselor
antara lain ?
1. tanggung
jawab konselor kepada siswa
2. tanggung
jawab kepada orang tua
3. tanggung
jawab kepada sejawat.
4. tanggung
jawab kepada sekolah dan masyarakat
5. tanggung
jawab kepada diri sendiri.
6. tanggung
jawab kepada profesi
50) apa saja pelayanan bimbingan dan konseling
diluar sekolah ?
§ bimbingan
dan konseling keluarga.
keluarga merupakan
satuan persekutuan hidup yang paling mendasar dan merupakan pangkal kehidupan
bermasyarakat.
b.
bimbingan dan konseling dalam lingkungan yang lebih luas
permasalahan yang dialami oleh
warga masyarakat tidak hanya terjadi dilingkungan sekolah dan keluarga saja melainkan juga diluar keduanya.
51) bagaimana metode layanan orientasi
sekolah ?
untuk
anak-anak yang segera akan memasuki sltp, aleen dan mckean menyarankan bahwa :
- kunjungan ke sd pemasok
- kunjungan ke sltp pemasok
- “malam” pertemuan dengan orang tua
- staf konselor bertemu dengan guru membicarakan siswa-siswa baru
- mengunjungi kelas
- memanfaatkan siswa senior
52) apa guna
layanan informasi dalam bimbingan ?
digunakan
untuk memberi pemahaman kepada individu-idividu yang berkepentingan tentang
berbagai hal yang diperlukan untuk menjalani suatu tugas atau kegiatan,atau untuk
menentukan arah suatu tujuan atau rencana yang dikehendaki.
53) apa saja metode layanan informasi di sekolah ?
§ ceramah
§ diskusi
§ karyawisata
§ buku
panduan
§ konferensi
karier
54) apa
yang dimaksud dengan layanan informasi di luar sekolah ?
sebagaimana
layanan orientasi, layanan informasi juga banyak diperlukan oleh warga
masyarakat diluar sekolah. layanan ini berkenaan dengan penghidupan yang lebih
luas, yaitu prikehidupan beragama, berkeluarga, bekerja, bermasyarakat, dan
bernegara maupun kebutuhan masyarakat banyak.
55) bagaimana upaya penempatan dan penyaluran
siswa disekolah ?
§ penempatan
siswa didalam kelas
§ penempatan
dan penyaluran kedalam kelompok-kelompok belajar
§ penempatan
kedalam kegiatan ko/ekstra kurikuler
§ penempatan
dan penyaluran ke jurusan/program studi
MAKASIH MBAK,, BYE AZAM DAN FANDEGA
ReplyDeleteSama-sama dx ☺
DeleteMantap
ReplyDeleteTrima kasih
DeleteTerimakasih kak
ReplyDeleteTerimakasih kak
ReplyDeleteMksh bnyak kak
ReplyDeleteGak ada refren nya bang...
ReplyDeleteMaksud nya soal yg terakhir itu apa ya kak? (bagaimana upaya penempatan dan penyaluran siswa disekolah ?)
ReplyDelete