Contoh RPL SMA Menejemen Waktu
RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
Sekolah : SMAN 2 Bengkulu Selatan
Mata Pelajaran : Bimbingan dan Konseling
Kelas/Semester : X(MIPA 1-5)/Ganjil
Materi Pokok : Manajemen Waktu
Jenis Layanan : Penguasaan Konten
Bidang Layanan : Pribadi dan Sosial
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit (1 x pertemuan)
Kompetensi Inti
K1
:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
K2
:Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
K3
:Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
K4
:Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI K1
Memiliki akhlak mulia, Menghargai sesama teman dan guru dalam proses pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Memegang teguh pada ajaran agama yang dianut
Memelihara hubungan baik sesama teman baik
Menciptakan suasana yang damai dan tenang pada saat jam pembelajaran
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI K2
Mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup dan ideology nasional dalam kehidupan lingkungan sekolah maupun bermasyarakat
Indikator Pencapaian Kompetensi
Menunjukan sikap jujur dalam pembelajaran
Menunjukan sikap bertanggungjawab dalam pembelajaran
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI K3
Memiliki manajemen waktu yang baik sehingga mampu mencapai tugas perkembangan dengan baik.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Memahami manajemen waktu
Mengamati pedoman penyusunan manajemen waktu
Menganalisis factor penyebab manajemen waktu yang tidak baik
KONPETENSI DASAR DAN IPK DARI K4
Mampu menerapkan manajemen waktu yang baik dalam lingkungan sekolah maupun di rumah
Indikator Pencapaian Kompetensi
Menjelaskan secara langsung pemahaman mengenai manajemen waktu
Mengevaluasi manajemen waktu diri sendiri
Menerapkan manajemen waktu yang baik
Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran Active Learning peserta didik dapat menunjukan pemahaman mengenai manajemen waktu, mengamati pedoman penyusunan manajemen waktu, menganalisis fator penyebab manajemen waktu serta memiliki ketrampilan menganalisa, menyajikan hasil, bertanggungjawab, rasa ingin tahu yang tinggi, kerja keras, bersikap bersahabat/ komunikatif.
Materi Pembelajaran
Pengertian manajemen waktu
Cara memperbaiki manajemen waktu
Faktor penyebab manajemen waktu yang buru
Pedoman penyusunan manajemen waktu
Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
Pendekatan : saintifik
Medel pembelajaran : (active learning)
Motode : ceramah, Diskusi, penugasan
Media/alat dan sumber bahan belajar
Media/Alat : lembar kerja, papan tulis, spidol
Sumber Bahan belajar :
Kegiatan pembelajaran
Proses pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik, model pembelajaran active learning. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan melalui tiga tahapan, yaitu pendahuluan, kegiatan dan penutup.
Tahap
Langkah-langkah Pembelajaran
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
Alokasi Waktu
pendahuluan
Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan.
Peserta didik berdoa sebelum melakukan pembelajaran
Peserta didik merespon pertanyaan dari guru mengenai materi yang akan dipelajari
Peserta didik menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan seharihari
Peserta didik mendiskusikan dengan proaktif mengenai manfaat pembelajaran dalam perkembangan pribadinya masing-masing
Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipelajari,metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran
Religius
Rasa ingin tahu
20 menit
Inti
Mengamati
Siswa mengamati pengertian manajemen waktu
Siswa mengamati faktor penyebab manajemen waktu yang buruk
Menanya
Siswa menanyakan tentang cara memperbaiki manajemen waktu yang buruk
Siswa mengomentari pendapat dan memberi masukan dari pertanyaan teman
Menalar
Peserta didik duduk berkelompok, membuat 5 kelompok.
Siswa berdiskusi mengidentifikasikan faktor penyebab manajemen waktu yang buruk dan cara memperbaiki manajemen waktu tersebut
Peserta didik bersama-sama mencari contoh manajemen waktu yang buruk di lingkungan sekitar
Mencoba
Peserta didik mencoba mengidentifikasi langkah-langkah pedoman penyusunan manajemen waktu dan mencoba mencontohkan langkah-langkah tersebut secara langsung
Peserta didik mencoba menentukan faktor penyebab manajemen waktu yang buruk
Peserta didik menuliskan contoh manajemen waktu yang buruk pada lingkungan sekitar
Mengkomunikasikan/Menyajikan
Siswa perkelompok menyajikan hasil dari diskusinya di depan kelompok
Siswa lainnya mengamati dan memberikan masukan atau bertanya.
Berpikir kritis
(Critical
thinking)
Rasa Ingin Tahu
Kerja sama
(Collaborative)
Berpikir kritis
(Critical
thinking)
Kreativitas
(Creativity)
Komunikatif
(Communicative)
45 menit
Penutup
Kegiatan guru bersama peserta didik
Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.
Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
Kreativitas
(Creativity)
15 menit
Penilaian
Penilaian Sikap : Observasi/pengamatan
Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis
Penilaian Keterampilan : Unjuk Kerja/ Praktik/ Portofol
Bentuk Penilaian
Observasi :lembar pengamatan aktivitas peserta didik
Tes tertulis :uraian dan lembar kerja
Kepala Sekolah
Drs. Sudisman,M.pd
NIP : 197002031994121001
Manna, ……………………………
Guru Bimbingan dan Konseling
Ambar dewi wulandari,s.pd.,kons
LAMPIRAN INSTRUMEN PENILAIAN
Penilaian Sikap
Penilaian sikap terhadap peserta didik dapat dilakukan selama proses belajar berlangsung. Penilaian dapat dilakukan dengan observasi, dalam observasi ini misalnya dilihat aktivitas beserta didik dalam berdiskusi, bertanya, menjawab dan menyampaikan pendapat serta kerja sama kelompok.
No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Toleransi
Jujur
Disiplin
Empati
1
2
3
4
Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan dilakukan dengan melihat kemampuan peserta didik pada saat menyajikan Manajemen waktu.
No
Pernyataan
Jawaban
Ya
Tidak
1
Siswa mampu menyajikan dengan baik hasil analisa mengenai manajemen waktu terhadap dirinya sendiri
2
Siswa mampu mengidentifikasikan faktor penyebab manajemen waktu yang buruk
3
Siswa mampu menjabarkan langkah-langkah pedoman penyusunan manajemen waktu yang baik
4
Siswa menerapkan manajemen waktu pada dirinya sendiri
Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan diberikan kepada siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan dengan memberikan soal.
Soal :
Sebutkan caramemperbaiki manajemen waktu yang buruk!
Carilah satu kasus mengenai manajemen waktu yang buruk disekitar anda dan amati penyebab serta berikan penyelesaian masalah dari kasus tersebut
Comments
Post a Comment