Contoh RPL bimbingan dan konseling lengkap
RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
Sekolah : SMAN 2 Bengkulu Selatan
Mata Pelajaran : Bimbingan dan Konseling
Kelas/Semester : X (MIPA 1-5) /Ganjil
Materi Pokok : Gaya Belajar
Jenis Layanan : layanan Informasi
Bidang Layanan : Belajar
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit (1 x pertemuan)
Kompetensi Inti
K1
:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
K2
:Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
K3
:Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
K4
:Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI K1
Memiliki akhlak mulia, Menghargai sesama teman dan guru dalam proses pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Memegang teguh pada ajaran agama yang dianut
Memelihara hubungan baik sesama teman baik
Menciptakan suasana yang damai dan tenang pada saat jam pembelajaran
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI K2
Mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup dan ideology nasional dalam kehidupan lingkungan sekolah maupun bermasyarakat
Indikator Pencapaian Kompetensi
Menunjukan sikap jujur dalam pembelajaran
Menunjukan sikap bertanggungjawab dalam pembelajaran
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI K3
Mampu mengenai Gaya belajar sendiri sehingga dapat memperoleh informasi dengan baik
Indikator Pencapaian Kompetensi
Memahami pengertian gaya belajar
Mengamati gaya belajar pada diri sendiri
Menganalisis ciri-ciri gaya belajar yang cocok
KONPETENSI DASAR DAN IPK DARI K4
Mampu menerapkan gaya belajar yang baik
Indikator Pencapaian Kompetensi
Menjelaskan secara langsung pemahaman mengenai gaya belajar
Mengevaluasi gaya belajar pada masing-masing individu
Membangun gaya belajar yang cocok pada diri sendiri
Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran Active Learning peserta didik dapat menunjukan pemahaman mengenai gaya belajar, mengungkapkan langkah-langkah mengembangkan gaya belajar dan macam-macam gaya belajar, menganalisis ciri-ciri gaya belajar serta memiliki ketrampilan menganalisa, menyajikan hasil, bertanggungjawab, rasa ingin tahu yang tinggi, kerja keras, bersikap bersahabat/ komunikatif.
Materi Pembelajaran
Pengertian Gaya Belajar
Peningnya mengenal Gaya belajar
Mengenal Gaya Belajar
Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
Pendekatan : saintifik
Medel pembelajaran : (active learning)
Motode : ceramah, Diskusi, penugasan
Media/alat dan sumber bahan belajar
Media/Alat : lembar kerja, papan tulis, spidol
Sumber Bahan belajar :
Kegiatan pembelajaran
Proses pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik, model pembelajaran active learning. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan melalui tiga tahapan, yaitu pendahuluan, kegiatan dan penutup.
Tahap
Langkah-langkah Pembelajaran
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
Alokasi Waktu
pendahuluan
Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan.
Peserta didik berdoa sebelum melakukan pembelajaran
Peserta didik merespon pertanyaan dari guru mengenai materi yang akan dipelajari
Peserta didik menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan seharihari
Peserta didik mendiskusikan dengan proaktif mengenai manfaat pembelajaran dalam perkembangan pribadinya masing-masing
Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipelajari,metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran
Religius
Rasa ingin tahu
20 menit
Inti
Mengamati
Siswa mengamati pengertian gaya belajar
Siswa mengamati pentingnya gaya belajar
Siswa mengamati macam-macam gaya belajar
Menanya
Siswa menanyakan tentang cara mengembangkan gaya belajar
Siswa mengomentari pendapat dan memberi masukan dari pertanyaan teman
Menalar
Peserta didik duduk berkelompok, membuat 5 kelompok.
Siswa berdiskusi mengidentifikasikan ciri-ciri gaya belajar pada masing-masing pribadi dan cara mengembangkan gaya belajar terhadap diri sendiri
Peserta didik bersama-sama mencari contoh gaya belajar
Mencoba
Peserta didik mencoba mengidentifikasi ciri-ciri gaya belajar
Peserta didik mencoba menentukan pentingnya mengenali gaya belajar
Peserta didik menuliskan contoh gaya belajar yang ada pada dirinya sendiri
Mengkomunikasikan/Menyajikan
Siswa perkelompok menyajikan hasil dari diskusinya di depan kelompok
Siswa lainnya mengamati dan memberikan masukan atau bertanya.
Berpikir kritis
(Critical
thinking)
Rasa Ingin Tahu
Kerja sama
(Collaborative)
Berpikir kritis
(Critical
thinking)
Kreativitas
(Creativity)
Komunikatif
(Communicative)
45 menit
Penutup
Kegiatan guru bersama peserta didik
Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.
Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
Kreativitas
(Creativity)
15 menit
Penilaian
Penilaian Sikap : Observasi/pengamatan
Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis
Penilaian Keterampilan : Unjuk Kerja/ Praktik/ Portofol
Bentuk Penilaian
Observasi :lembar pengamatan aktivitas peserta didik
Tes tertulis :uraian dan lembar kerja
Kepala Sekolah
Drs. Sudisman,M.pd
NIP : 197002031994121001
Manna, ……………………………
Guru Bimbingan dan Konseling
Ambar Dewi Wulandari,S.Pd.,Kons
LAMPIRAN INSTRUMEN PENILAIAN
Penilaian Sikap
Penilaian sikap terhadap peserta didik dapat dilakukan selama proses belajar berlangsung. Penilaian dapat dilakukan dengan observasi, dalam observasi ini misalnya dilihat aktivitas beserta didik dalam berdiskusi, bertanya, menjawab dan menyampaikan pendapat serta kerja sama kelompok.
No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Toleransi
Jujur
Disiplin
Empati
1
2
3
4
Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan dilakukan dengan melihat kemampuan peserta didik pada saat menyajikan GAYA BELAJAR
No
Pernyataan
Jawaban
Ya
Tidak
1
Siswa mampu menyajikan dengan baik hasil analisa mengenai gaya belajar
2
Siswa mampu mengidentifikasikan ciri gaya belajar yang ada pada dirinya
3
Siswa mampu menjabarkan langkah-langkah pengembangan gaya belajar yang ada pada dirinya
4
Siswa menerapkan gaya belajar pada kehidupan sehari-hari
Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan diberikan kepada siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan dengan memberikan soal.
Soal :
Sebutkan macam-macam gaya belajar beserta contohnya!
Carilah satu kasus mengenai gaya belajar remaja yang salah!
Comments
Post a Comment