Contoh RPL bimbingan dan konseling lengkap

RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN Sekolah : SMAN 2 Bengkulu Selatan Mata Pelajaran : Bimbingan dan Konseling Kelas/Semester : X (MIPA 1-5) /Ganjil Materi Pokok : Gaya Belajar Jenis Layanan : layanan Informasi Bidang Layanan : Belajar Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit (1 x pertemuan) Kompetensi Inti K1 :Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. K2 :Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. K3 :Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah K4 :Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI K1 Memiliki akhlak mulia, Menghargai sesama teman dan guru dalam proses pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Memegang teguh pada ajaran agama yang dianut Memelihara hubungan baik sesama teman baik Menciptakan suasana yang damai dan tenang pada saat jam pembelajaran KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI K2 Mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup dan ideology nasional dalam kehidupan lingkungan sekolah maupun bermasyarakat Indikator Pencapaian Kompetensi Menunjukan sikap jujur dalam pembelajaran Menunjukan sikap bertanggungjawab dalam pembelajaran KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI K3 Mampu mengenai Gaya belajar sendiri sehingga dapat memperoleh informasi dengan baik Indikator Pencapaian Kompetensi Memahami pengertian gaya belajar Mengamati gaya belajar pada diri sendiri Menganalisis ciri-ciri gaya belajar yang cocok KONPETENSI DASAR DAN IPK DARI K4 Mampu menerapkan gaya belajar yang baik Indikator Pencapaian Kompetensi Menjelaskan secara langsung pemahaman mengenai gaya belajar Mengevaluasi gaya belajar pada masing-masing individu Membangun gaya belajar yang cocok pada diri sendiri Tujuan Pembelajaran Melalui model pembelajaran Active Learning peserta didik dapat menunjukan pemahaman mengenai gaya belajar, mengungkapkan langkah-langkah mengembangkan gaya belajar dan macam-macam gaya belajar, menganalisis ciri-ciri gaya belajar serta memiliki ketrampilan menganalisa, menyajikan hasil, bertanggungjawab, rasa ingin tahu yang tinggi, kerja keras, bersikap bersahabat/ komunikatif. Materi Pembelajaran Pengertian Gaya Belajar Peningnya mengenal Gaya belajar Mengenal Gaya Belajar Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran Pendekatan : saintifik Medel pembelajaran : (active learning) Motode : ceramah, Diskusi, penugasan Media/alat dan sumber bahan belajar Media/Alat : lembar kerja, papan tulis, spidol Sumber Bahan belajar : Kegiatan pembelajaran Proses pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik, model pembelajaran active learning. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan melalui tiga tahapan, yaitu pendahuluan, kegiatan dan penutup. Tahap Langkah-langkah Pembelajaran Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS Alokasi Waktu pendahuluan Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. Peserta didik berdoa sebelum melakukan pembelajaran Peserta didik merespon pertanyaan dari guru mengenai materi yang akan dipelajari Peserta didik menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan seharihari Peserta didik mendiskusikan dengan proaktif mengenai manfaat pembelajaran dalam perkembangan pribadinya masing-masing Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipelajari,metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran Religius Rasa ingin tahu 20 menit Inti Mengamati Siswa mengamati pengertian gaya belajar Siswa mengamati pentingnya gaya belajar Siswa mengamati macam-macam gaya belajar Menanya Siswa menanyakan tentang cara mengembangkan gaya belajar Siswa mengomentari pendapat dan memberi masukan dari pertanyaan teman Menalar Peserta didik duduk berkelompok, membuat 5 kelompok. Siswa berdiskusi mengidentifikasikan ciri-ciri gaya belajar pada masing-masing pribadi dan cara mengembangkan gaya belajar terhadap diri sendiri Peserta didik bersama-sama mencari contoh gaya belajar Mencoba Peserta didik mencoba mengidentifikasi ciri-ciri gaya belajar Peserta didik mencoba menentukan pentingnya mengenali gaya belajar Peserta didik menuliskan contoh gaya belajar yang ada pada dirinya sendiri Mengkomunikasikan/Menyajikan Siswa perkelompok menyajikan hasil dari diskusinya di depan kelompok Siswa lainnya mengamati dan memberikan masukan atau bertanya. Berpikir kritis (Critical thinking) Rasa Ingin Tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) 45 menit Penutup Kegiatan guru bersama peserta didik Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran Kreativitas (Creativity) 15 menit Penilaian Penilaian Sikap : Observasi/pengamatan Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis Penilaian Keterampilan : Unjuk Kerja/ Praktik/ Portofol Bentuk Penilaian Observasi :lembar pengamatan aktivitas peserta didik Tes tertulis :uraian dan lembar kerja Kepala Sekolah Drs. Sudisman,M.pd NIP : 197002031994121001 Manna, …………………………… Guru Bimbingan dan Konseling Ambar Dewi Wulandari,S.Pd.,Kons LAMPIRAN INSTRUMEN PENILAIAN Penilaian Sikap Penilaian sikap terhadap peserta didik dapat dilakukan selama proses belajar berlangsung. Penilaian dapat dilakukan dengan observasi, dalam observasi ini misalnya dilihat aktivitas beserta didik dalam berdiskusi, bertanya, menjawab dan menyampaikan pendapat serta kerja sama kelompok. No Nama Siswa Aspek Penilaian Toleransi Jujur Disiplin Empati 1 2 3 4 Penilaian Keterampilan Penilaian keterampilan dilakukan dengan melihat kemampuan peserta didik pada saat menyajikan GAYA BELAJAR No Pernyataan Jawaban Ya Tidak 1 Siswa mampu menyajikan dengan baik hasil analisa mengenai gaya belajar 2 Siswa mampu mengidentifikasikan ciri gaya belajar yang ada pada dirinya 3 Siswa mampu menjabarkan langkah-langkah pengembangan gaya belajar yang ada pada dirinya 4 Siswa menerapkan gaya belajar pada kehidupan sehari-hari Penilaian Pengetahuan Penilaian pengetahuan diberikan kepada siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan dengan memberikan soal. Soal : Sebutkan macam-macam gaya belajar beserta contohnya! Carilah satu kasus mengenai gaya belajar remaja yang salah!

Comments

Popular posts from this blog

soal - soal wawasan dasar Bimbingan Konsling , ozzy

Contoh laporan PLBK karang taruna_ozzy bk

contoh laporan magang bimbingan dan konseliing